2 hal yang menemani ku berjuang di UTBK-SBMPTN 2020 : Diriku sendiri dan ZENIUS

Oke, halo chingu... Selamat berkunjung di tulisan pertama aku di blog pribadi, Mymimangoo. Kenalin nama ku Meisya Azahra. Kalian panggil aja aku, Mei. Anak 18 tahun yang lahir dan tinggal di Bandung Timur. 

Sebenernya aku udah bikin blog ini dari bulan April 2020 tapi baru aku corat-coret di bulan Agustus. Jadi, aku lagi ikutan #CeritaZenius CHALLENGE dimana kita boleh banget nih ceritain gimana sih perjuangan di UTBK-SBMPTN 2020 yang di temenin Zenius Learning. Buat temen-temen yang sesama pejuang SBMPTN '20 sekaligus Zenius user kaya aku, kuyyy ikutan😍. 

Awalnya aku setengah hati buat daftar kuliah karena perbedaan keinginan antara aku dan orang tua. Aku yang ingin banget jadi medstud dan orang tua yang ingin aku untuk langsung kerja. Mungkin ada dari kalian yang nanya 'kok aku gak dibolehin kuliah?' Jawaban nya nih karena orang tua ku mikir bahwa kuliah itu kan tujuan akhirnya buat kerja cari uang, ya udah langsung kerja aja gak usah kuliah lagi. Selain itu dia juga khawatir kalo aku kuliah tapi ujung-ujung nya jadi pengangguran. Cuman gelar doang. 

Dan keputusan orang tua udah aku ketahui dari awal kelas 12. Jadinya aku kaya kehilangan harapan dan nyantai banget belajar nya. Tapi di awal kelas 12 juga, aku mulai merasa bahwa kelas 12 itu akan lebih berat lagi belajar nya.

  "Wah, aku harus ada pegangan nih, kalo cuma ngandelin penjelasan guru di sekolah bakal keteteran banget".

Nah, berawal dari pemikiran itu aku mulai cari bimbel online di internet. Kenapa ga cari bimbel offline? karena orang tua ku udah fix ga bakal nge biayain guys. Singkat cerita, akhirnya aku nemu Zenius Education setelah bolak-balik baca web-youtube-instagram. Jujur aja nih awalnya aku ragu buat langganan. Karena mantengin video yang isinya cuman tulisan, kayak nya bukan gaya belajar aku banget. Tapi untung nya harga yang si Zenius patok untuk paket 1 tahun SMA itu affordable di aku dan untung banget waktu itu lagi punya uang *hikksss, akhirnya aku langganan deh. 

Awalnya aku pikir video nya bakal nge bosenin karena ga ada visual sama sekali selain tulisan item putih (ada juga sih yang berwarna guys), terus video nya yang cukup banyak (udah cringe duluan😖), dan takut bingung kalo ga ngerti harus nanya ke siapa (namanya juga online😐). 

Tapi, lama kelamaan aku merasa jadi lebih mudah untuk paham. Di kelas 12 salah satu topik yang paling sering aku cari di Zenius itu pelajaran Sejarah. Aku yang anak IPA dan susah banget kalo disuruh baca sejarah, akhirnya hidupku dipermudah dengan kehadiran penjelasan dan suara kak tutor yang mood banget. Whiuwhiuwhiu👉👈. Nah, kalo kalian pengen intip video nya kaya gimana klik aja ini ya.

Belajar Sejarah jadi kaya lebih gampang gitu chingu.. . Belum lagi font yang dipake nya warna-warni dan pembahasan nya dibikin model mind map. Terus gaya bahasa yang dipake itu nyantai banget, ga formal tapi ga over anak muda banget juga. Dan tempo ngomong nya itu pas, gak kecepetan gak kelambatan. Kebanyakan aku pake Zenius buat belajar Sejarah, Matematika dan Bio. Nah, baru deh pas mau persiapan UTBK aku jadi sering banget nonton in Zenius. Telat memang hehe.

Seperti yang aku bilang di awal karena aku setengah hati buat kuliah jadi nya aku gak rasional di SNMPTN dan udah jelas banget bakal ditolak. Parah nya lagi nih udah tau gagal sn eh aku juga gak persiapan buat SBMPTN. Apalagi waktu itu pas banget ada Wabah Korona. Bener-bener deh bikin kepercayaan ku buat kuliah has gone. 

Tapi bersyukur banget rasanya motivasi aku mulai tumbuh kembali sekitar bulan April 2020 waktu itu pihak LTMPT merubah bidang yang diujikan dari yang TPA dan TPS jadi hanya TPS doang. Akhirnya aku mutusin buat ikut UTBK tahun ini dan merasa bahwa aku bisa ngejar materi TPS. 

Selama persiapan, sumber materi aku cuman dari Zenius doang. Beneran. Paling kalo buat Try out aku dapet dari berbagai platform kaya Twitter dan Instagram. Tapi buat basic nya, materi dan penjelasan serta konsep semua aku dapetin dari ngabisin video-video nya Zenius. Yang paling ngefek di aku sih Penalaran Umum. Awalnya aku bener-bener gelap banget tentang PU, logika, Silogisme dll. Kaya "Apaan tuh?!". 

Ini catetan PU ku 

Tapi alhamdulilah setelah aku fokus belajar perlahan aku mulai nyadar bahwa ternyata PU itu gak sesulit yang aku pikir.

SBMPTN itu bukan cuman soalnya yang harus dibuat mikir, tapi berbagai persiapan sebelum hari H nya juga yang cukup ribet. Mulai dari daftar akun LTMPT, terus simpan permanen, pergi ke bank yang bekerja sama dengan LTMPT buat bayar. Cek lokasi ujian. Bikin sertifikat buat masuk lokasi tes, isi kuesioner gejala COVID-19, beli APD dan persiapan lainnya. Apalagi buat anak yang family supportless kaya aku, semuanya harus diusaha in sendiri. 

Angkatan Korona, yang katanya lulus tanpa UN, modal rebahan, terus tinggal nunggu pengumuman. Iya, aku salah satu dari mereka yang lulus sma kaya menang Give Away. Hmm, suka ngadi-ngadi ya netizennn. 🤥

Aku coba luruskan disini ya guys, kita tidak seperti menang undian. Karena sebelum Korona datang mewabah kami sudah banyak persiapan UN dan UAS. Print soal sana sini. Bikin Portofolio yang isinya soal soal juga :(. Belum lagi rencana pemerintah buat menghapus UN tahun depan membuat angakatan ku merasa ngenes *kenapa gak tahun sekarang ajaaa 😖

Tapi ya namanya juga hidup gak ada yang tahu. Ternyata UN nya ditiadakan setahun lebih awal dari tahun yang direncanakan. But, di adain atau engga nya lagi tahun depan, aku enggak tahu ya chingu... 

Nah, tanggal 2 Mei 2020 aku dinyatakan lulus dari salah satu SMA di kab. Bandung. Dan gak enak nya hidup digantung sudah mulai aku rasakan. Beneran deh guys. Sesudah lulus SMA tuh bingung banget mau ngapain. Mau kuliah kurang di dukung, mau kerja tapi hati ingin kuliah. Nano-nano banget deh.

Akhirnya aku kerja bantu toko ibu dan kakak ku di pasar. Tapi sambil tetep belajar, curi-curi waktu buat SBMPTN. Sebenarnya ada cerita sedih selama persiapan UTBK ini. Aku sering banget nangis tiap malam karena rasanya gak ada yang dukung aku merjuangin cita-cita ku. Rasanya kaya sendirian banget. Berjuang sendirian tuh bener-bener gak enak. Tapi untung nya ada beberapa temen terdekat ku yang mau nyemangatin dan berjuang bareng. 

Dengan segala pertimbangan mulai dari biaya daftar UTBK, transport ke lokasi tes, perizinan ke orang tua, target belajar dan lainnya aku akhirnya mutusin buat ikut UTBK tahun ini. Dan sekali lagi aku pun gak sepenuh hati dan hanya sekedar hilangin rasa penasaran aja. 

Aku bukan tipe orang yang bisa begadang. Jadi, jam belajar ku cuman sekitar 2-3 jam an aja. Aku mulai belajar dari awal banget. Mencoba buat sepaham mungkin sama yang namanya logika dan penalaran terus lanjut bahasa ( PBM dan PPU ) dan terakhir ke kuantitatif. Untung nya aku lumayan ngerti bahasa inggris jadinya aku tinggal latihan soal aja.

Kalo ini catetan Kuantitatif

Dan ini catetan Bahasa ku 

Ini nih yang sempat bikin heboh di Twitter dan Instagram kemarin. Yang bikin para peserta SBMPTN'20 kocar-kacir. Jengjengjeng!!! "SOAL BAHASA PANDA".

Apaan tuh guys?

Jadi waktu itu pas H+1 pelaksanaan UTBK tiba-tiba banyak bocoran dan rumor kalau di UTBK ada soal bahasa panda. Soal panda ini viral karena dianggap aneh dan mengejutkan sebab belum pernah diujikan di UTBK tahun-tahun sebelumnya. Bahasa panda ini sebenarnya adalah bahasa buatan atau Imaginary Word atau Nonsense Word yang memiliki pola logika dan penalaran di dalam nya. Sebenarnya ga sulit kok cuman rumit aja. Bikin males duluan hihi.

Waktu itu aku kebagian H+5 jadinya masih bisa belajar dikit-dikit nih si Panda. Tapi tetep aja di hari H gak bisa aku isi karena udah gak bisa mikir dan waktu nya mepet banget. Ya udahlah ya pasrah aja. 

Oh iya aku mau curhat selama perjalanan ke lokasi tes. Jadi, aku tes di Kampus Jatinangor Universitas Padjajaran. Btw, rumah aku di daerah Cicalengka. Aku berangkat sekitar jam 12 dan aku dapet sesi 2 jam 14.00. Aku udah janjian sama temen ku yang dapet sesi sama tapi ruangan nya beda. Kita janjian buat ketemu di UNPAD langsung. Aku berangkat naik angkot, tiba disana sekitar jam 1, terus langsung cari mesjid buat shalat Dzuhur. 

Aku tunggu-tunggu temenku dan cowok nya gak dateng-dateng:(. Ya udah deh aku lanjut sendiri aja. Singkat cerita aku udah beres ujian dan keluar dari ruangan. Alhamdulilah lancar dan soal nya gak sesulit yang aku pikir. Teks nya pun gak panjang, masih panjang soal Try Out nya Zenius:). 

Nah , ngomong-ngomong soal Try Out nya Zenius, aku mau kasih sefruit review nih chingu, ehe. Ini salah satu yang bikin aku suka banget sama Zenius. Soal-soal Try Out nya buanyakkk banget. Bebas milih deh. Mana waktu itu persiapan materi ku cuman seadanya kan, tapi soal-soal TO ini bikin ku makin terasah. Materi ku yang cuman sedikit dapat terolah dengan maksimal dan makin nempel di otak ku. Soal nya HOTS. Asli, bikin mikir banget.

Dapet skor 62 aja udah bersyukur banget 

Teks nya panjang-panjang tapi tampilan nya tuh enak banget. Gak bikin pusing duluan. Diagram/grafik nya dibikin berwarna. Terus scroll app nya tuh gak mandeg-mandeg gitu jadi bikin lancar dan fokus sama soal. Karena, aku pernah ikut TO di salah satu platform juga, dia tampilan dan scroll an nya mandeg gitu gak enak deh pokok nya.
Ini aja gak ke isi semuanya

Ini daftar TO yang udah aku isi

Tuh enak banget kan look nya

Back to hari H story, lalu aku keluar sekitar jam setengah 5 sore dan aku harus ke gedung Kandaga (maaf kalo salah) dulu karena tanggal lahir di KTP dan Ijazah ku beda😭. UNPAD itu sangat luas menurut ku dan aku gak tahu gedung Kandaga itu dimana. Tapi akhirnya ketemu juga itu gedung dan beres deh urusan ku buat nge konfirmasi kesalahan administrasi ku. Sekedar informasi untuk tanggal, nama, dan foto itu harus bener ya guys. Salah-salah, repot deh urusan.

Aku pulang deh setelah sebelum nya shalat Ashar di mesjid UNPAD. Bener-bener ngenes banget aku waktu itu, angkot daerah Sayang ( nama salah satu jalan di Jatinangor) itu gak ada guyss😭. Emang sih waktu itu udah jam 5 mau setengah 6. Tapi kok kebangetan banget gak ada satu pun angkot yang lewat. Jadi aku harus jalan kaki sekitar 3 km di tengah lapar dan ngantuk ku. Huhuhu. 

Ini waktu aku pulang beres UTBK sekitar jam 5 sore

Pas lagi jalan kaki, sesekali aku merasa pingin nangis, kasihan aja gitu sama diri sendiri. Suka iri liat temen-temen lain dianterin orang tua. Di tunggu in sampe beres. Di jemput pulang jadi mereka gak perlu jalan kaki kaya aku. Tapi aku bersyukur 2 temen deket ku video call dan nemenin aku jalan kaki ke Dangdeur (nama salah satu daerah di Jatinangor). Thank you prennn😭 

Singkat cerita setelah kurang lebih sejam aku jalan, tiba lah diriku di jalan Dangdeur yang angkot nya masih pada nangkring sampe malem. Aku naik angkot udah adzan magrib. Langit udah gelap. Dan mata ku mulai berkaca-kaca kembali. 

"Gak apa-apa mey, kamu sedih. Semoga nanti di genti sama tanda hijau ya di pengumuman" 

Itu kata salah satu temen ku di chat What's app 😭

Tiba lah diriku di rumah sekitar jam 7 malam. Setelah shalat Maghrib aku langsung ke kamar dan nangis se-nangis-nangis nya. Kalian boleh banget nganggap aku lebay, tapi bener deh hari itu rasanya berat banget buat ku. Cape banget. Ingin nya langsung tidur aja. Hari itu aku benar-benar merasa sendirian. 

Singkat cerita tiba lah diriku di tanggal 20 Agustus. Hari dimana pengumuman SBMPTN yang ku tunggu-tunggu tiba. Waktu itu pihak LTMPT membuka web di jam 15.00. Tapi diriku buka setelah shalat Maghrib. Deg-deg an bangetttt.

Dan ini lah hasil nya guyss


Alhamdulilah bangett aku lolos SBMPTN tahun 2020. Gak nyangka banget. Aku kira yang lolos tuh cuman anak-anak yang terkenal, berada, dan ambis dari lahir. Sedangkal itu memang pemikiran ku, maafkan 😭. Oh iya, buat yang kepo sama pilihan aku di SBMPTN apa aja, nih aku kirim screenshot nya.



"Alhamdulilah atuh geuning hasil nya kamari tes teh jaba meunang sagala sorangan".                               Artinya : Alhamdulilah atuh ternyata tes kemarin tuh berhasil apalagi berkat usaha segala sendiri         Itu kata mamah ku guyss 😭

Tapi setelah runding dan lainnya, hasil SBMPTN itu gak aku ambil guys huhu. Karena aku pengen ngejar Kedokteran dan Jakarta terlalu jauh buat kedua orang tua ku. Apalagi Jakarta lagi zona merah. Jadi, tahun ini aku gap year dan mau berjuang lagi buat meminang Kedokteran UNPAD tahun depan. Doain aku ya chingu... Semoga tahun depan rezeki jadi maba kedokteran. Amiinn

Dan selama Gap Year ini tidak lain dan tidak bukan aku akan ditemenin sama Zenius lagi. Thank you Zen, love you💓

Oh iya aku juga mau pesan buat kalian yang sama-sama lagi berjuang sekarang buat UTBK'21 semoga selalu semangat ya! buat yang lagi Gap Year juga apapun alasan nya, kalian hebat masih berjuang sampai detik ini. Dan buat kalian yang sedang diambang dilema antara impian kalian dan keinginan orang tua, harus tetap kuat ya. Jangan pernah lepasin cita-cita kalian tapi jangan pernah kecewa sama orang tua kalian. Buktiin bahwa apa yang kalian inginkan adalah yang terbaik buat kalian dan orang tua.  

Jadi, intinya aku mau terima kasih banget buat Zenius udah nemenin aku dari dasar banget selama kurang lebih 3 bulan ini. Tanpa Zenius mungkin aku belum tentu bisa lolos SB kemarin. Oh iya aku juga mau revisi judul tulisan ini. Disini aja ya. Nih judul baru nya.

5 hal yang menemani ku berjung di UTBK-SBMPTN 2020 : Diriku sendiri, ZENIUS, ALLAH SWT, Temen-temen yang Video Call aku dan Kasih sayang orang tua ku.


Mungkin segitu dulu random story dari aku. Jangan lupa selalu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Keep safe Keep Healty and Always to be Happy 😘

Thank you for visited and Bye!


PS : Chingu = teman dalam bahasa Korea

Komentar